Pertama :
Sholat 13 raka’at dibuka dengan 2 raka’at ringan.
Hal
ini berdasarkan hadits hadits Zaid bin Kholid Al-Juhany radhiyallahu ‘anhu
riwayat Muslim, beliau berkata :“Sungguh saya akan memperhatikan sholat Rasulullah shollallahu ‘alaihi
wa ‘ala alihi wa sallam di malam hari maka beliau sholat dua raka’at ringan
kemudian beliau sholat dua raka’at panjang, panjang, panjang sekali kemudian
beliau sholat dua raka’at lebih pendek dari dua raka’at sebelumnya kemudian
beliau sholat dua raka’at dan keduanya lebih pendek dari dua raka’at sebelumnya
kemudian beliau sholat dua raka’at dan keduanya lebih pendek dari dua raka’at
sebelumnya kemudian beliau sholat dua raka’at dan keduanya lebih pendek dari
dua raka’at sebelumnya kemudian beliau berwitir maka itu (jumlahnya) tiga belas
raka’at”.
Dan dalam hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha riwayat Muslim, beliau berkata : “Adalah Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam apabila beliau berdiri di malam hari untuk sholat maka beliau membuka sholatnya dengan dua raka’at yang ringan”
Kedua :
Sholat 13 raka’at, 8 raka’at diantaranya dilakukan dengan salam
pada setiap 2 raka’at kemudian witir 5 raka’at dengan satu kali tasyahhud dan
satu kali salam.
Hal ini berdasarkan hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha Riwayat Muslim :“Adalah Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam sholat di malam
hari 13 raka’at, beliau witir darinya dengan 5 (raka’at) tidaklah beliau duduk
pada sesuatupun kecuali hanya pada akhirnya”
Ketiga :
Sholat 11 raka’at dengan salam pada setiap 2 raka’at dan witir
dengan 1 raka’at.
Hal ini berdasarkan hadits ‘Aisyah radhiyallahu
‘anha riwayat Muslim, beliau berkata : “Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam sholat antara
selesainya dari sholat isya` sampai sholat fajr (sholat subuh) sebelas raka’at,
Beliau salam setiap dua raka’at dan witir dengan satu raka’at”.
Keempat :
Sholat 11 raka’at, tidak duduk kecuali pada raka’at kedelapan
kemudian tasyahhud tanpa salam lalu berdiri untuk raka’at kesembilan kemudian
salam, lalu sholat dua raka’at lagi dalam keadaan duduk.
Hal tersebut diterangkan dalam hadits Sa’ad bin Hisyam bin ‘Amir riwayat
Muslim, beliau bertanya kepada ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha tentang bagaimana
sholat witir Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam, maka beliau menjelaskan :“… Maka beliau bersiwak, berwudhu’ dan sholat 9 raka’at beliau tidak duduk
kecuali pada yang kedelapan kemudian beliau berdzikir kepada Allah, memuji-Nya
dan berdoa kepada-Nya lalu berdiri dan tidak salam. Kemudian beliau berdiri
untuk kesembilan lalu duduk kemudian beliau berdzikir kepada Allah, memuji-Nya
dan berdoa kepada-Nya lalu beliau salam sengan (suara) salam yang beliau
perdengarkan kepada kami kemudian beliau sholat dua raka’at setelah salam dalam
keadaan duduk, maka itu 11 raka’at wahai anakku. Ketika Nabi Allah shollallahu
‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam telah berumur dan beliau bertambah daging
(Baca bertambah berat) maka beliau witir dengan 7 (raka’at) dan berbuat
pada yang dua raka’at seperti perbuatan beliau yang pertama, maka itu adalah
sembilam (raka’at) wahai anakku”
Kelima :
Sholat 9 raka’at, tidak duduk kecuali pada raka’at keenam kemudian
tasyahhud tanpa salam lalu berdiri untuk raka’at ketujuh kemudian salam, lalu
sholat dua raka’at lagi dalam keadaan duduk.
Hal ini di terangkan dalam hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha di atas.Berkata Syaikh Al-Albany : “Ini adalah beberapa kaifiyat yang Rasulullah
shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam melakukannya pada sholat lail dan
witir. Dan mungkin untuk ditambah dengan bentuk-bentuk yang lain, yaitu dengan mengurangi pada setiap bentuk yang
tersebut jumlah raka’at yang ia kehendaki dan bahkan boleh baginya untuk
membatasi dengan satu raka’at saja.”
Ibnu Hazm dalam Al-Muhalla menyebutkan beberapa bentuk lain :
Ibnu Hazm dalam Al-Muhalla menyebutkan beberapa bentuk lain :
- Sholat 13 raka’at, yaitu salam pada setiap dua raka’at dan witir satu raka’at.
- Sholat 8 raka’at dengan salam pada setiap 2 raka’at kemudian ditambah witir 1 raka’at.
- Sholat 6 raka’at dengan salam pada setiap 2 raka’at kemudian witir 1 raka’at.
- Sholat 7 raka’at, tidak tasyahhud kecuali pada yang keenam kemudian berdiri sebelum salam untuk raka’at ketujuh lalu duduk tasyahhud dan salam.
- Sholat 7 raka’at dan tidak duduk untuk tasyahhud kecuali di akhirnya.
- Sholat 5 raka’at dan tidak duduk untuk tasyahhud kecuali di akhirnya.
- Sholat 3 raka’at, duduk tasyahhud pada raka’at kedua dan salam lalu witir 1 raka’at.
- Sholat 3 raka’at tidak duduk tasyahhud dan salam kecuali pada raka’at terakhir2.
- Sholat witir satu raka’at.
Demikian beberapa kaifiyat yang disebutkan oleh Syaikh Al-Albany dalam Sholatut Tarawih hal. 86-94 (Cet. Kedua) dan Qiyamu Ramadhan hal. 27-30 dan Ibnu Hazm dalam Al-Muhalla 3/42-48. Dan Syaikh Al-Albany juga menyebutkan kaifiyat lain yaitu sholat 11 raka’at ; 4 raka’at sekaligus dengan sekali salam kemudian 4 raka’at dengan sekali salam lalu 3 raka’at.
Sebagaimana
dalam hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha riwayat Al-Bukhary dan Muslim :
“Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam tidaklah menambah pada (bulan) Ramadhan dan tidak pula pada selain Ramadhan lebih dari sebelas raka’at. Beliau sholat empat (raka’at) jangan kamu tanya tentang baiknya dan panjangnya, kemudian beliau sholat empat (raka’at)n jangan kamu tanya tentang baiknya dan panjangnya kemudian beliau sholat tiga (raka’at)”.
Namun ada perbedaan pendapat di kalangan para Ulama tentang kaifiyat ini.
Pendapat Abu Hanifah, Ats-Tsaury dan Al-Hasan bin Hayy boleh melakukan Qiyamul Lail 2 raka’at sekaligus, boleh 4 raka’at sekaligus, boleh enam raka’at sekaligus dan boleh 8 raka’at sekaligus, tidak salam kecuali di akhirnya. Kelihatannya pendapat ini yang dipegang oleh Syaikh Al-Albany sehingga beliau menetapkan kaifiyat sholat 11 raka’at ; 4 raka’at sekaligus dengan sekali salam kemudian 4 raka’at dengan sekali salam lalu 3 raka’at dengan sekali salam.
Dan disisi lain, jumhur Ulama seperti Malik, Asy-Syafi’iy, Ahmad, Ishaq, Sufyan Ats-Tsaury, Ibnul Mubarak, Ibnu Abi Laila, Abu Yusuf, Muhammad bin Hasan, dan Ibnul Mundzir serta yang lainnya menghikayatkan pendapat ini dari Ibnu ‘Umar, ‘Ammar radhiyallahu ‘anhuma, Al-Hasan, Ibnu Sirin, Asy-Sya’by, An-Nakha’iy, Sa’id bin Jubair, Hammad dan Al-Auza’iy. Dan Ibnu ‘Abdil Barr berkata : “Ini adalah pendapat (Ulama) Hijaz dan sebahagian (Ulama) ‘Iraq.”, semuanya berpendapat bahwa sholat malam itu adalah dua raka’at-dua raka’at yaitu harus salam pada setiap dua raka’at. Ini pula pendapat yang dkuatkan oleh Syaikh Ibnu Baz beserta para Syaikh anggota Al-Lajnah Ad-Da`imah, dan juga pendapat Syaikh Ibnu ‘Utsaimin dan lain-lainnya
“Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam tidaklah menambah pada (bulan) Ramadhan dan tidak pula pada selain Ramadhan lebih dari sebelas raka’at. Beliau sholat empat (raka’at) jangan kamu tanya tentang baiknya dan panjangnya, kemudian beliau sholat empat (raka’at)n jangan kamu tanya tentang baiknya dan panjangnya kemudian beliau sholat tiga (raka’at)”.
Namun ada perbedaan pendapat di kalangan para Ulama tentang kaifiyat ini.
Pendapat Abu Hanifah, Ats-Tsaury dan Al-Hasan bin Hayy boleh melakukan Qiyamul Lail 2 raka’at sekaligus, boleh 4 raka’at sekaligus, boleh enam raka’at sekaligus dan boleh 8 raka’at sekaligus, tidak salam kecuali di akhirnya. Kelihatannya pendapat ini yang dipegang oleh Syaikh Al-Albany sehingga beliau menetapkan kaifiyat sholat 11 raka’at ; 4 raka’at sekaligus dengan sekali salam kemudian 4 raka’at dengan sekali salam lalu 3 raka’at dengan sekali salam.
Dan disisi lain, jumhur Ulama seperti Malik, Asy-Syafi’iy, Ahmad, Ishaq, Sufyan Ats-Tsaury, Ibnul Mubarak, Ibnu Abi Laila, Abu Yusuf, Muhammad bin Hasan, dan Ibnul Mundzir serta yang lainnya menghikayatkan pendapat ini dari Ibnu ‘Umar, ‘Ammar radhiyallahu ‘anhuma, Al-Hasan, Ibnu Sirin, Asy-Sya’by, An-Nakha’iy, Sa’id bin Jubair, Hammad dan Al-Auza’iy. Dan Ibnu ‘Abdil Barr berkata : “Ini adalah pendapat (Ulama) Hijaz dan sebahagian (Ulama) ‘Iraq.”, semuanya berpendapat bahwa sholat malam itu adalah dua raka’at-dua raka’at yaitu harus salam pada setiap dua raka’at. Ini pula pendapat yang dkuatkan oleh Syaikh Ibnu Baz beserta para Syaikh anggota Al-Lajnah Ad-Da`imah, dan juga pendapat Syaikh Ibnu ‘Utsaimin dan lain-lainnya
sehingga mereka semua menyalahkan orang yang memahami hadits ‘Aisyah di atas
dengan kaifiyat sholat 11 raka’at ; 4 raka’at sekaligus dengan sekali salam
kemudian 4 raka’at dengan sekali salam lalu 3 raka’at, dan menurut mereka
pemahaman yang benar adalah bahwa 4 raka’at dalam hadits itu adalah dikerjakan
2 raka’at 2 raka’at .
Tarjih
Yang kuat dalam masalah ini adalah pendapat Jumhur Ulama berdasarkan hadits hadits ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma riwayat Al-Bukhary dan Muslim, Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa‘ala alihi wa sallam bersabda :
Yang kuat dalam masalah ini adalah pendapat Jumhur Ulama berdasarkan hadits hadits ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma riwayat Al-Bukhary dan Muslim, Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa‘ala alihi wa sallam bersabda :
“Sholat malam dua (raka’at) dua (raka’at)”
Hadits ini adalah berita namun bermakna perintah yaitu perintah untuk
melakukan sholat malam dua dua raka’at. Demikian keterangan Syaikh Ibnu Baz
dalam Majmu’ Fatawa beliau 11/323-324.
Baca pembahasan tentang masalah di atas dalam : Al-Istidzkar 2/95-98, 104-106, Fathul Bari 4/191-198, Fatawa Al-Lajnah Ad-Da`imah 7/199-200 dan Asy-Syarh Al-Mumti’ 4/18-20.
Baca pembahasan tentang masalah di atas dalam : Al-Istidzkar 2/95-98, 104-106, Fathul Bari 4/191-198, Fatawa Al-Lajnah Ad-Da`imah 7/199-200 dan Asy-Syarh Al-Mumti’ 4/18-20.
Dan juga para Ulama berselisih pendapat tentang dua raka’at setelah witir
pada kaifiyat no. 4 dan 5, ada tiga pendapat di kalangan ulama :
- Sunnah dua raka’at setelah witir. Ini pendapat Katsir bin Dhomrah dan Khalid bin Ma’dan. Dan Al-Hasan dan Abu Mijlaz melakukannya, sedangkan Ibnu Rajab menukil hal tersebut dari sebahagian orang-orang Hanbaliyah.
- Ada rukhshoh (keringanan) dalam hal tersebut dan bukan makruh. Ini adalah pendapat Al- Auza’iy, Ahmad dan Ibnul Mundzir.
- Hal tersebut Makruh. Ini pendapat Qais bin ‘Ubadah, Malik dan Asy-Syafi’iy.
Tarjih
Tentunya dalil-dalil yang menjelaskan tentang kaifiyat itu adalah hujjah yang harus diterima tentang disyari’atkannya sholat dua raka’at setelah witir. Berkata Ibnu Taimiyah : “Dan kebanyakan Ahli Fiqh tidak mendengar tentang hadits ini (yaitu hadits tentang adanya dua raka’at setelah witir di atas,-pent.), kerena itu mereka mengingkarinya. Dan Ahmad dan selainnya mendengar (hadits) ini dan mengetahui keshohihannya dan Ahmad memberi keringanan untuk melakukan dua raka’at ini dan ia dalam keadaan duduk sebagaimana yang dikerjakan oleh (Nabi) shollallahu ‘alaihi wa sallam. Maka siapa yang melakukan hal tersebut tidaklah diingkari, akan tetapi bukanlah wajib menurut kesepakatan (para Ulama) dan tidak dicela orang yang meniggalkannya….”
Tentunya dalil-dalil yang menjelaskan tentang kaifiyat itu adalah hujjah yang harus diterima tentang disyari’atkannya sholat dua raka’at setelah witir. Berkata Ibnu Taimiyah : “Dan kebanyakan Ahli Fiqh tidak mendengar tentang hadits ini (yaitu hadits tentang adanya dua raka’at setelah witir di atas,-pent.), kerena itu mereka mengingkarinya. Dan Ahmad dan selainnya mendengar (hadits) ini dan mengetahui keshohihannya dan Ahmad memberi keringanan untuk melakukan dua raka’at ini dan ia dalam keadaan duduk sebagaimana yang dikerjakan oleh (Nabi) shollallahu ‘alaihi wa sallam. Maka siapa yang melakukan hal tersebut tidaklah diingkari, akan tetapi bukanlah wajib menurut kesepakatan (para Ulama) dan tidak dicela orang yang meniggalkannya….”
Baca : Majmu’ Fatawa Ibnu Taimiyah 23/92-94, Fathul Bari Ibnu Rajab 6/260-264 dan Al- Mughny 2/281.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar