- See more at: http://zicblogger.blogspot.com/2013/02/Cara-Memasang-Widget-Share-Button.html#.USVBGTcwiho - See more at: http://zicblogger.blogspot.com/2013/02/Memasang-Floating-Share-Button-di-Blog.html#.USVFCTcwiho

Jumat, 06 April 2012

MENGENAL TEGANGAN DAN FUNGSINYA PADA LAYAR TABUNG TV COLOUR ( CRT )


Pada tabung layar / CRT pada umumnya ada dua jenis tabung CRT yaitu leher besar dan leher kecil. Leher besar pada umumnya berjumlah 9 / 11 pin, dan yang leher kecil berjumlah 7 pin. yang terdiri dari
untuk 11 pin untuk 9 pin untuk 7 pin


1. pin Catoda biru pin Blank./ Nc pin Katoda Biru

2. pin G1 / /Ground pin G1 / Ground pin Heater / filamen
3. pin Ground pin Catoda Hijau pin Heater / filamen
4. pin Heater / filamen pin G2 Screen pin G1 / Ground
5. pin Heater / filamen pin Catoda Merah pin Catoda merah
6. pin Catoda merah pin Haeter / filamen pin G2 Screen
7. pin G1 / ground pin Heater / filamen pin Catoda Hijau
8. pin G2 Screen pin Catoda biru
9. pin G1 / Gruond pin Blank / Nc
10. pin Catoda hiijau Catatan : Untuk mencari kaki no1
11. pin G1 / Ground berlawanan dengan arah jarum jam.
Sedangkan untuk kebutuhan tegangan / supllay adalah sbb:
  • 4,5 – 6 Volt AC di gunakan untuk supllay heater / filamen yang berpungsi sebagai pemanas/pembankit / mengalirkan electron beam G2 kepada masing-masing catoda RGB. Tegangan ini umumnya di ambil dari hasil inducsi tarsfomer horizontal / playbeck .
  • 100 – 200 Volt DC di gunakan untuk supllay G2 yang berpungsi sebagai umpan electron beam yang di berikan pada masing masing Catoda RGB.Tegangan ini di ambil dari Transfomer horizontal / play beck yang di atur melelui variable yang ada pada playbeck .
  • 300 – 600 Volt DC di gunakan untuk supplay G3/ focus,yang berpungsi sebagai pembawa electron beam hingga ke screen (florenscreent).Tegangan ini di ambil sama dengan tegangan G2.
  • 1,5 – 2.5 Kv DC Tegangan ini untuk supllay anoda dan di gunakan untuk membakar gas florensceent yang ada pada depan tabung gambar CRT. Penempatan supllay tegangan ini terpisah jauh dengan tegangan2 diatas untuk menghindari locatan arus besar, biasanya di tempatkan di bagian atas bodi tabung gambar CRT.
  • 100 – 180 volt DC Tegangan ini unbtuk supllay tegangan balik CUT OFF RGB terhadap Ground.yang di kemudikan oleh sebuah penguat video.
erusakan Televisi Gambar Gelap
Raster tidak menyala terang meskipun posisi screen flyback pada maksimum.
Penyebab:
Tegangan anoda CRT terlalu rendah akibat adanya kerusakan pada rangkaian tegangan tinggi, rangkaian defleksi horizontal atau rangkaian catu daya.
Tegangan semua katoda CRT menjadi besar karena gangguan pada penguat video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- See more at: http://zicblogger.blogspot.com/2013/02/Memasang-Floating-Share-Button-di-Blog.html#.USVFCTcwiho